cat tembok

Tips Memilih Warna-Warna Cat Tembok Rumah Agar Cocok (1)

Bagaimana cara memilih warna warna cat tembok? Mengapa tembok rumahmu harus dicat? Tujuan pengecatan dinding rumah adalah untuk memperindah tampilan hunian dan meningkatkan nilai estetikanya. Cat tembok yang tepat akan menambah daya tarik visual sebuah bangunan, membawa nuansa baru, membuat penghuninya merasa lebih nyaman, hingga meningkatkan harga properti tersebut apabila ingin dijual kembali. Agar manfaat cat tembok tersebut maksimal dan kamu puas dengan hasilnya, maka kamu harus memilih warna-warna cat tembok yang sesuai.

Berikut ini tips memilih warna cat tembok rumah yang bisa kamu jadikan sebagai referensi :

1. Cari Inspirasi

Apabila kamu belum punya gambaran sama sekali seputar warna cat tembok yang bagus untuk rumah, maka kamu bisa mencari inspirasi terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkan inspirasi dengan berkeliling, membaca majalah seputar hunian, melihat gambar cat tembok di Google, melalui media sosial, atau melihat katalog cat warna rumah. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan lebih banyak inspirasi cat warna tembok yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Kemudian tentukan salah satu inspirasi yang paling kamu sukai dan kombinasikan dengan gaya unikmu sendiri.

2. Gunakan Skema Warna

Biasanya kita hanya mengenal warna-warna primer saja, namun sebenarnya ada banyak sekali variasi atau turunan dari warna primer tersebut. Setiap warna pun memiliki gradasinya masing-masing. Jadi sebenarnya ada lebih banyak variasi warna yang bisa kamu jadikan referensi. Kamu bisa mengetahui lebih banyak variasi warna dengan menggunakan skema warna. Skema warna ini bisa kamu dapatkan dari katalog toko cat ataupun secara online. Dengan melihat skema warna ini kamu juga bisa lho menentukan perpaduan 2 warna cat tembok yang paling serasi untuk hunianmu.

3. Gunakanlah Warna Netral

Kalau kamu adalah tipe orang yang tidak suka warna cat yang terlalu ramai atau menimbulkan kesan yang terlalu mencolok, maka kamu bisa menggunakan warna netral. Warna-warna netral ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada model rumah minimalis guna menimbulkan kesan yang lebih elegan dan sederhana. Beberapa rekomendasi warna netral yang paling banyak digunakan untuk cat tembok adalah warna putih, abu-abu, pastel, dan krem. Tertarik mengaplikasikan warna netral ini pada cat tembok rumahmu? Kalau iya kamu juga bisa lho mengkombinasikan warna netral tersebut dengan berbagai warna lain. Contoh, warna coklat, biru, atau hitam untuk menimbulkan kesan yang lebih estetik pada ruangan.

4. Pertimbangkan Model atau Konsep Rumah

Cara memilih warna-warna cat tembok yang keempat adalah dengan mempertimbangkan model atau konsep rumahmu. Setiap model rumah memiliki pilihan warna cat yang berbeda, tergantung pada karakteristik rumah tersebut.

Contoh, untuk hunian berkonsep modern dan futuristik. Kamu lebih disarankan untuk memilih warna cat tembok abu-abu dan putih. Sementara itu, untuk hunian berkonsep green living atau yang berkonsep alam (natural), maka kamu lebih disarankan untuk menggunakan warna-warna yang mengandung unsur alam seperti cat warna hijau dan cat warna coklat kayu.

5. Sesuaikan dengan Kesan yang Ingin Kamu Tonjolkan dari Bangunan Tersebut

Setiap orang pastinya menginginkan bangunan yang unik dan memiliki karakteristik yang berbeda dari bangunan lainnya. Salah satu hal yang penting yang harus kamu pertimbangkan untuk menonjolkan keunikan bangunan tersebut adalah pemilihan warna catnya. Contoh, jika kamu ingin hunianmu terlihat lebih ceria dan mencolok dibandingkan hunian lainnya. Kamu bisa mengaplikasikan cat dengan warna terang.  Misalnya cat yang berwarna merah, kuning, atau pink. Jika rumahmu sempit dan kamu ingin membuatnya terkesan lebih luas, maka kamu bisa menggunakan warna cat biru atau monokrom.

Similar Posts