Candi Sambisari Permata Tersembunyi

Candi Sambisari Permata Tersembunyi

Candi Sambisari Permata Tersembunyi

Jelajahi Keajaiban Sejarah di Candi-Candi Yogyakarta!

Apakah Anda siap untuk perjalanan menakjubkan melalui waktu? Yogyakarta, sebuah kota dengan kekayaan sejarah dan budaya, menanti Anda dengan keajaiban candi-candi kunonya yang mempesona. Mari kita jelajahi bersama keindahan dan keagungan warisan masa lalu yang tersembunyi di balik kemegahan arsitektur dan cerita-cerita yang menginspirasi.

Kunjungi Candi Sambisari, candi Hindu yang sempat tertimbun abu vulkanik dan ditemukan kembali pada tahun 1966. Bangunan utama yang berada sekitar 6,5 meter di bawah permukaan tanah memberikan pengalaman unik bagi setiap pengunjung.

Candi Sambisari Permata Tersembunyi

Lokasi
– **Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia**
– Terletak sekitar 10 km sebelah timur dari kota Yogyakarta, dekat dengan Candi Prambanan.

Periode
– **Abad ke-9 Masehi**
– Dibangun pada masa Kerajaan Mataram Kuno, pada periode yang sama dengan Candi Prambanan dan candi-candi lainnya di sekitarnya.

Deskripsi
– **Candi Hindu yang Tertimbun**
– Candi Sambisari adalah candi Hindu yang tersembunyi dan tertimbun abu vulkanik selama berabad-abad sebelum ditemukan kembali pada tahun 1966.
– Penemuan ini terjadi secara tidak sengaja saat proses penggalian untuk pembuatan saluran irigasi di desa setempat.

– **Struktur Bangunan**
– Bangunan utama candi terletak sekitar 6,5 meter di bawah permukaan tanah.
– Candi ini terdiri dari satu bangunan utama (mandala) dan beberapa candi perwara di sekitarnya.

Arsitektur dan Uniknya Struktur
– **Bangunan Utama:** Bangunan utama candi memiliki struktur yang khas, dengan dinding yang terbuat dari batu andesit dan lantai dari batu bata merah.
– **Ornamen dan Relief:** Meskipun sebagian besar ornamen telah hilang, beberapa relief sederhana masih dapat ditemukan di dinding candi.

Sejarah dan Penemuan Kembali
– Setelah ditemukan, Candi Sambisari menjadi objek penelitian dan restorasi yang penting.
– Pemerintah dan para arkeolog bekerja sama untuk menggali dan memulihkan situs ini, serta mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan makna keberadaannya.

Pemujaan dan Fungsinya
– Meskipun masih diperdebatkan, banyak yang percaya bahwa candi ini didedikasikan untuk pemujaan dewa Siwa, mengingat beberapa arca Siwa yang ditemukan di dalamnya.

Pengalaman Wisata
– Candi Sambisari kini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang populer di Yogyakarta.
– Pengunjung dapat melihat secara langsung proses restorasi dan penggalian, serta menikmati keindahan arsitektur kuno Jawa.

Candi Sambisari adalah contoh yang menarik tentang bagaimana warisan sejarah dan budaya dapat tersembunyi di dalam tanah selama berabad-abad, hanya untuk ditemukan kembali oleh generasi berikutnya. Kunjungan ke situs ini tidak hanya memberikan wawasan tentang masa lalu, tetapi juga menginspirasi apresiasi akan keindahan dan kompleksitas peradaban kuno di wilayah ini.

Similar Posts